HomeBody CareCuci Muka Pakai Air Dingin atau Hangat, Mana yang Terbaik Bagi Wajah?

Cuci Muka Pakai Air Dingin atau Hangat, Mana yang Terbaik Bagi Wajah?

Cuci muka merupakan rutinitas yang dilakukan setiap hari supaya kecantikan wajah tetap terjaga. Supaya perawatan kulit wajah lebih maksimal, sebaiknya cuci muka pakai air hangat atau air dingin ya?

Sebenarnya, mencuci muka pakai air hangat ataupun air dingin sama-sama memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Namun, jika dilakukan
secara berlebihan, keduanya juga dapat memberikan efek yang kurang baik untuk kulit lho!

Supaya kamu tidak pusing menentukan pilihan, perhatikan penjelasan di bawah ini terkait manfaat air dingin dan air hangat serta efek yang ditimbulkan. Sehingga, kamu bisa melakukan rutinitas cuci muka dengan lebih optimal sesuai dengan kondisi kulit.

Manfaat Mencuci Muka Pakai Air Dingin

Beberapa manfaat yang didapatkan ketika cuci muka pakai air dingin, di antaranya:

  1. Menyegarkan Wajah

Sensasi dingin yang terdapat pada air dingin memberikan efek segar pada wajah. Selain itu, syaraf-syaraf di dalam kulit yang merasa lelah dan layu bisa menjadi segar ketika terkena siraman air dingin.

Jadi, selain dapat membersihkan wajah dari debu air dingin juga berkhasiat sebagai media terapi kebugaran kulit wajah.

  1. Membuat Wajah Lebih Glowing

Air dingin dipercaya dapat membuat wajah lebih glowing dan bercahaya. Hal ini dikarenakan air dingin bermanfaat untuk mengencangkan otot-otot pada wajah. Sehingga aliran darah bisa lebih lancar. Selain itu, ketika mencuci muka pakai air dingin, minyak alami di dalam kulit tidak terkikis.

Efek Cuci Muka Pakai Air Dingin

Walaupun memiliki manfaat yang cukup banyak, ternyata mencuci air dingin juga punya dampak yang kurang baik. Salah satunya tidak dapat menjangkau kotoran yang ada di dalam kulit. Sehingga proses mencuci wajah tidak bekerja secara optimal.

Sisa make up, debu, kotoran, masih banyak yang mengendap di dalam kulit. Jika kotoran tersebut tidak segera diangkat, dampak buruknya wajah akan menjadi berjerawat dan kusam.

Manfaat Cuci Muka Pakai Air Hangat

Sama seperti mencuci muka pakai air dingin. Cuci muka pakai air hangat juga memiliki beberapa manfaat nih!

  1. Membersihkan Wajah dari Dalam

Keunggulan membersihkan wajah dengan air hangat yaitu, ia mampu menjangkau kotoran sampai dari dalam kulit. Sehingga, proses pembersihan wajah bekerja dengan maksimal. Wajah pun menjadi lebih bersih, dan tidak kusam.

  1. Mengurangi Minyak Berlebih

Minyak yang berlebih dapat mengakibatkan munculnya jerawat dan juga kulit kusam. Dengan mencuci muka pakai air hangat, masalah tersebut dapat diminimalisir.

Efek Cuci Muka Pakai Air Hangat

Mencuci muka pakai air hangat jika dilakukan terus menerus bukan malah memberikan efek yang baik untuk kulit. Melainkan sebaliknya, kulit akan kehilangan minyak alami menjadi kering, dan mudah iritasi.

Lantas, bagaimana kesimpulannya? Sebaiknya cuci muka pakai air hangat atau dingin? Untuk rutinitas setiap hari, alangkah baiknya menggunakan suhu air normal. Tidak hangat tidak juga dingin. Namun, untuk momen-momen tertentu, gunakanlah air hangat atau air dingin sesuai dengan kondisi kulit saat itu ya! Kini kamu jadi makin pahamkan?

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments

Ferrous material recycling air quality control on Hybrid Sunscreen Lokal, Apa Saja Sih Keunggulannya
Frank#smith[Kfyzeiuqujbpygze,2,5] on Hybrid Sunscreen Lokal, Apa Saja Sih Keunggulannya