HomeHomeApakah Sinar Matahari Dapat Membuat Bibir Hitam? Begini Penjelasannya

Apakah Sinar Matahari Dapat Membuat Bibir Hitam? Begini Penjelasannya

Memiliki bibir hitam seringkali membuat perempuan insecure. Apalagi ketika menginjak usia pubertas. Berpenampilan sempurna seolah menjadi puncak kesuksesan yang diidam-idamkan.

Apakah kamu juga salah satu pemilik bibir hitam? Sebenarnya ada banyak faktor kenapa bibir bisa menghitam.

Masalah bibir hitam selain karena faktor dari merokok dan penggunaan lipstik, ternyata bisa juga diakibatkan oleh paparan sinar matahari. Bahkan, sebenarnya, jika dibandingkan dengan kulit wajah, bibir memiliki potensi lebih besar untuk mengalami kerusakan akibat sinar UV.

Lapisan kulit pada bibir lebih tipis dibandingkan kulit wajah dan kulit tubuh. Ini karena melaminnya tipis, maka ia lebih rentan terbakar dan mengalami perubahan warna.

Selain karena bibir menjadi hitam, dampak paparan sinar matahari lainnya seperti muncul gelembung air pada bibir, kulit bibir terasa lebih tipis, pecah-pecah, dan lain sebagainya.

Cara Mengatasi Bibir Hitam karena Sinar Matahari

Cara mengatasi bibir hitam akibat sinar matahari cukup mudah dan bahan-bahan yang diperlukan pun ada disekitar kita. Simak deh penjelasannya berikut ini:

  1. Kompres dengan Es Batu

Kompres bibir dengan menggunakan air es merupakan pertolongan pertama yang paling mudah dilakukan. Biasanya hal ini dilakukan ketika kamu merasa bibir seperti terbakar.

Caranya, bungkus 1 balok es batu berukuran kecil dengan handuk. Setelah itu, tempelkan ke seluruh area bibir. Lalu, diamkan selama 10 sampai 15 menit. Ulangilah cara seperti ini sampai beberapa hari.

Oh iya, untuk waktu pengompresan jangan lebih dari 20 menit ya. Selain dengan air es, kamu juga bisa mengompres dengan susu yang telah didinginkan.

  1. Lidah Buaya

Lidah buaya atau dikenal dengan aloe vera, memiliki kandungan yang baik untuk membantu mencerahkan bibir. Makanya, tidak heran jika hampir sebagian besar produk kecantikan terbuat dari bahan dasar lidah buaya.

Selain bisa mengatasi bibir hitam, ia juga bisa melembabkan, menutrisi, dan menghidrasi bibir.

Cara menggunakannya, belah Lidah Buaya menjadi dua bagian. Kemudian, oleskan daging aloe vera ke seluruh permukaan bibir.

  1. Madu

Kandungan madu tidak kalah keren dari aloe vera dan bahan-bahan kecantikan lainnya. Makanya, keberadaan madu untuk bahan kecantikan pun sangat populer. Termasuk pula lipstik dan pelembab bibir.

Caranya, oleskan madu secara merata ke seluruh bibir. Setelah itu diamkan selama 10 sampai 15 menit. Jika kamu ingin memanfaatkannya sebagai eksfoliasi, campur madu murni dengan gula. Lalu gosok-gosokkan secara perlahan ke area bibir.

  1. Oleskan Pelembab Bibir

Cara mengatasi bibir hitam selain memanfaatkan bahan alami, kamu juga bisa menggunakan cara praktis. Seperti pelembab bibir yang telah terbukti aman, mendapatkan cap dari BPOM dan MUI.

Biasanya pelembab telah dilengkapi dengan minyak alami, Vitamin E, Emolien, dan bahan-bahan lainnya yang dapat membantu mencerahkan warna bibir dan melembabkannya.

Guys, itulah hubungan sinar matahari dan bibir hitam yang ternyata dapat mengurangi kecantikan bibir kamu. Empat cara mengatasi bibir hitam di atas, dapat kamu terapkan secara rutin ya! Tentunya, demi upaya menjaga kesehatan, kelembapan, dan warna bibir.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments

Ferrous material recycling air quality control on Hybrid Sunscreen Lokal, Apa Saja Sih Keunggulannya
Frank#smith[Kfyzeiuqujbpygze,2,5] on Hybrid Sunscreen Lokal, Apa Saja Sih Keunggulannya