HomeBeauty TipsApakah Bruntusan Bisa Hilang Sendiri? Bisa Kok Asalkan….

Apakah Bruntusan Bisa Hilang Sendiri? Bisa Kok Asalkan….

Bruntusan bisa membuat masalah di wajah. Tekstur wajah menjadi tidak baik dan tentunya merusak penampilan. Namun, jika dibiarkan apakah bruntusan bisa hilang sendiri?

Jika memang bisa hilang sendiri, maka apa yang harus dilakukan selama masa penyembuhan? Atau, apakah harus menggunakan obat-obatan terlebih dahulu? Mari simak ulasannya di sini yuk!

Apakah Bruntusan Bisa Sembuh dengan Sendirinya?

Ternyata, ada banyak sekali penyebab dari bruntusan ini. Bahkan, kebanyakan penyebab tersering adalah iritasi wajah atau kotoran bercampur dengan bakteri. Tidak jarang juga iritasi ini terjadi akibat penggunaan skincare atau kosmetik yang tidak cocok di kulit.

Apalagi jika jenis kulit kamu adalah kulit kering, berminyak atau sensitif. Ketiga jenis kulit diatas atau kulit kombinasi mudah terjadi iritasi jika menggunakan produk yang tidak cocok. Bahkan, bisa terjadi akibat efek purging juga loh!

Dan jika kamu penasaran apakah bruntusan bisa sembuh dengan sendirinya atau tidak. Maka jawabannya bisa saja! Hanya saja tergantung penyebab dan tingkat keparahan dari bruntusan tersebut.

Jika tidak terlalu parah maka akan segera sembuh selama 4 hingga 6 minggu. Iritasi ringan yang bisa menyebabkan bruntusan biasanya akan segera sembuh dengan sendirinya. Hanya saja kamu juga harus membantu penyembuhan dengan beberapa cara berikut ini.

  • Pertama, jangan lupa bersihkan wajah. Usahakan selalu bersihkan wajah setiap hari. Minimal cuci wajah dengan sabun wajah 2 kali sehari pagi dan malam hari.
  • Usahakan gunakan pelembab agar wajah tetap terjaga kelembabannya dan tidak kering. Karena wajah yang kering mudah terkena masalah wajah termasuk iritasi.
  • Gunakan juga gel penenang wajah jika timbul kemerahan seperti gel lidah buaya.
  • Gunakan minyak esensial agar memudahkan penyembuhan bruntusan seperti olive oil, tea tree oil atau granola oil.
  • Jangan gunakan skincare yang “keras” terlebih dahulu agar wajah tidak kembali breakout dan rusak.
  • Jangan lupakan menggunakan produk UV protection agar tidak semakin parah karena paparan sinar matahari.

Itu tadi hal yang harus kamu lakukan agar bruntusan cepat sembuh dengan sendirinya. Tapi, jika tipe bruntusan tersebut parah maka butuh pengobatan yang lebih spesifik, ya!

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments

Ferrous material recycling air quality control on Hybrid Sunscreen Lokal, Apa Saja Sih Keunggulannya
Frank#smith[Kfyzeiuqujbpygze,2,5] on Hybrid Sunscreen Lokal, Apa Saja Sih Keunggulannya