HomeHomeApa Penyebab Ketiak Menghitam? Perhatikan Ini dan Segera Atasi!

Apa Penyebab Ketiak Menghitam? Perhatikan Ini dan Segera Atasi!

Warna ketiak juga mempengaruhi tingkat percaya diri seseorang. Sayangnya, tidak sedikit yang memiliki masalah ketiak hitam, ya kan? Namun, sebenarnya apa penyebab ketiak menghitam ini?

Jika warna ketiak terlalu gelap, maka kamu juga sulit untuk menggunakan pakaian yang modis. Bayangkan harus takut diejek hanya warna ketiak yang menggelap, ya kan? Jadi, mari simak apa saja yang menyebabkan perubahan warna ini, yuk!

Faktor Penyebab Ketika Menghitam

Ada beberapa penyebab kulit ketiak berubah warna menjadi hitam. Beberapa diantaranya adalah:

Iritasi

Penyebab pertama yang paling sering adalah iritasi kulit ketiak. Iritasi ini ada banyak penyebabnya, mulai dari cabut bulu ketiak, cukur hingga menggunakan deodoran yang tidak cocok. Jika kamu melakukan beberapa kemungkinan penyebab iritasi di atas, maka kulit akan memproduksi lebih banyak melanosit.

Melanosit ini nantinya yang membuat warna kulit ketiak berubah. Karena mempengaruhi pigmen kulit yang menggelap. Jadi sebaiknya gunakan cara yang lebih aman jika ingin menghilangkan bulu-bulu dan mengatasi bau ketiak.

Kehamilan

Perubahan hormon selama masa kehamilan ternyata memicu banyak hal. Salah satu diantaranya adalah perubahan warna ketiak! Warna ketiak wanita hamil cenderung lebih gelap dari biasanya.

Hormon yang naik turun juga memicu produksi melanin di dalam tubuh. Jadi, ketiak saat hamil yang menggelap ini akan berangsur membaik setelah melahirkan kok! Jadi, rawat saja dengan baik agar tidak bertambah parah.

Infeksi Bakteri

Tahukah kamu jika bau ketiak berasal dari bakteri yang bersarang di tubuh? Nama bakteri ini adalah bakteri Corynebacterium minutissimum. Tidak hanya menimbulkan bau saja, namun juga bisa menyebabkan warna kulit ketiak menjadi berubah.

Hal ini bisa terjadi akibat kawasan ketiak kamu lembab, sering berkeringat dan mengalami beberapa penyakit tertentu seperti diabetes.

Penyakit Khusus

Ketiak hitam juga terjadi akibat penyakit Acanthosis nigricans. Penderita penyakit ini akan merasakan penebalan kulit ketiak dan menjadi hitam. Tapi, penyakit ini tidak hanya muncul pada bagian ketiak saja, bahkan juga ada di perut, lengan hingga leher.

Itu dia beberapa alasan dan penyebab ketiak menghitam. Sebaiknya kamu segera mengatasi biar ketiak nggak makin menghitam.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments

Ferrous material recycling air quality control on Hybrid Sunscreen Lokal, Apa Saja Sih Keunggulannya
Frank#smith[Kfyzeiuqujbpygze,2,5] on Hybrid Sunscreen Lokal, Apa Saja Sih Keunggulannya