HomeHome5 Manfaat Pepaya Bagi Kesehatan yang Penting untuk Dikonsumsi, Bisa Kencangkan Kulit...

5 Manfaat Pepaya Bagi Kesehatan yang Penting untuk Dikonsumsi, Bisa Kencangkan Kulit Loh!

Pepaya, buah yang memiliki warna oren di dalam dan hijau kekuningan di luar ini memiliki banyak nutrisi bagus untuk dikonsumsi bagi tubuh.

Ada begitu banyak manfaat pepaya bagi kesehatan, di antaranya dalam menurunkan tekanan darah, menyembuhkan luka, membantu masalah pencernaan, menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes hingga kanker.

Selengkapnya manfaat pepaya bagi kesehatan ini, akan diulas pada artikel secara lengkap. Serta kandungan apa saja yang dimiliki pepaya dalam mengatasi permasalahan tubuh dan bagus untuk kesehatan.

Manfaat Pepaya bagi Kesehatan

Buah pepaya sebenarnya berasal dari Meksiko, tetapi tumbuh secara alami di Karibia dan Florida. Termasuk di Indonesia, tanaman pepaya bisa tumbuh dengan mudah. Bahkan jika kamu tak sengaja membuang biji buahnya di halaman, ia bisa tumbuh dengan baik selama tercukupi nutrisi dan airnya.

Cara paling mudah mengonsumsi buah pepaya dengan cara dihilangkan bijinya, dipotong menjadi beberapa bagian dan langsung dimakan. Yuk, cari tahu selengkapnya manfaat pepaya bagi kesehatan.

  1. Degenerasi Makula Terkait Usia

Manfaat buah pepaya pertama dalam melindungi kondisi kesehatan yaitu bisa menangkal degenerasi makula karena usia. Usia lansia di atas 65 tahun, saat terjadi degenerasi makula akan kehilangan fungsi penglihatan secara berkala.

Dikutip dari MedicalNewsToday, adanya kandungan zeaxanthin dan antioksidan dalam pepaya dapat menyaring sinar cahaya biru yang berbahaya. Perannya yang protektif dalam kesehatan mata sehingga mampu mencegah degenerasi makula.

  1. Kesehatan Tulang

Mengonsumsi vitamin K cukup penting bagi kesehatan karena bisa menyerap kalsium dan mengurangi ekskresi kalsium melalui urin. Ada banyaknya kalsium dalam tubuh dapat memperkuat tulang. Asupan vitamin K ini bisa ditemukan pada buah pepaya.

  1. Menekan Risiko Kanker, Diabetes dan Penyakit Jantung

Beta karoten antioksidan yang ditemukan pada pepaya dapat mengurangi risiko kanker. Pada penderita diabetes, mengonsumsi 1 pepaya kecil atau setara sekitar 3 gram serat atau 17 gram karbohidrat dapat menekan kadar glukosa darah yang lebih rendah.

Termasuk mengonsumsi pepaya dapat menangkal penyakit jantung, ini karena adanya kandungan serat, potasium dan vitamin di dalamnya.

  1. Kesehatan Rambut

Vitamin A yang dimiliki buah pepaya, juga bagus loh untuk rambut. Nutrisi tersebut dibutuhkan untuk produksi sebum, menjaga kelembaban rambut, dan bagus untuk pertumbuhan semua jaringan, termasuk rambut.

  1. Penyembuhan pada Kulit

Healthline menyebutkan bahwa pepaya dapat membantu kulit terlihat lebih kencang dan awet muda. Radikal bebas yang berlebih dapat membuat banyak kerutan, kendur dan kerusakan kulit lainnya seiring bertambahnya usia.

Berkat vitamin C dan likopen yang dimiliki buah pepaya, ini dapat melindungi kulitmu dan membantu mengurangi tanda-tanda penuaan dini. Likopen juga bisa mengurangi kemerahan pada kulit setelah terpapar sinar matahari.

Nah, 5 manfaat buah pepaya bagi kesehatan tubuh di atas, tentunya sudah menguatkanmu kenapa kamu harus mengonsuminya kan?

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments

Ferrous material recycling air quality control on Hybrid Sunscreen Lokal, Apa Saja Sih Keunggulannya
Frank#smith[Kfyzeiuqujbpygze,2,5] on Hybrid Sunscreen Lokal, Apa Saja Sih Keunggulannya