HomeBeauty TipsAHA BHA Tidak Boleh Dicampur dengan Apa? Awas Jangan Sembarangan!

AHA BHA Tidak Boleh Dicampur dengan Apa? Awas Jangan Sembarangan!

AHA BHA merupakan bahan aktif yang pastinya sudah tidak asing lagi bagi kamu bukan? Mengingat banyaknya bahan aktif dan kandungan pada skincare, jika kamu menggunakannya bersama bahan lain boleh nggak sih?

AHA BHA tidak boleh dicampur dengan apa, mungkin juga menjadi pertanyaan yang membuat kamu bingung saat ini.

AHA yang merupakan asam hidroksi alfa ini bekerja pada permukaan atas kulit dengan membersihkan penumpukan sel kulit mati, kotoran, dan bakteri yang menempel pada kulit. Sementara BHA merupakan asam hidroksi beta yang mempunyi sifat pengelupasan.

Keduanya merupakan kakak beradik dalam hal skincare, maka tak heran jika AHA BHA tak bisa dipisahkan satu sama lain.

Lantas, AHA BHA tidak boleh dicampur dengan apa?

AHA BHA dan Retinol

AHA BHA tidak boleh dicampur dengan retinol atau tidak boleh digunakan bersamaan di hari yang sama. Menggabungkan bahan aktif tersebut justru bisa menyebabkan iritasi bahkan eksim. AHA BHA yang memiliki sifat asam, begitu juga dengan retinol yang bentuknya asam.

Menggabungkan keduanya dan dipakai bersamaan bisa membuat sensivitas kulit yang berlebihan, kemerahan, dan iritasi. Bukannya jerawat dan anti-penuaan yang teratasi, wajah justru bisa memberikan reaksi permasalahan kulit lainnya.

AHA BHA dan Niacinamide

AHA BHA sebaiknya tidak digunakan secara bersamaan dengan niacinamide. Jika kamu ingin menggunakannya, sebaiknya tidak bersamaan ya!

AHA BHA yang dicampur niacinamide tidak memiliki efek dan justru bisa membuat wajah kemerahan. Niacinamide memiliki pH sekitar 5-7 yang menaikkan pH asam lebih rendah, menjadi 3-4 serta bisa menghilangkan sifat-sifatnya.

Sebaiknya digunakan secara terpisah. Hal ini malah bagus karena dapat membantu tekstur kulit, jerawat berkurang, dan mengatasi penuaan dini.

AHA BHA dan Vitamin C

AHA BHA seperti glikolat, salisilat dan asam laktat tidak boleh dicampur dengan vitamin C. Hal ini karena sifat vitamin C juga asam dan tidak stabil.

Jika keduanya dipaksakan dicampur justru keseimbangan pH akan hilang dan membuatnya tidak berguna dalam mengatasi permasalahan kulit.

Nah, ketiga kandungan tersebut harus kamu perhatikan ya jika ingin mencampurnya dengan AHA BHA. Sekarang, kamu tentu makin paham mengenai AHA BHA tidak boleh dicampur dengan apa kan?

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments

Ferrous material recycling air quality control on Hybrid Sunscreen Lokal, Apa Saja Sih Keunggulannya
Frank#smith[Kfyzeiuqujbpygze,2,5] on Hybrid Sunscreen Lokal, Apa Saja Sih Keunggulannya