HomeHome7 Makanan Penyebab Jerawat, Hati-Hati Bisa Menyerang Kapanpun!

7 Makanan Penyebab Jerawat, Hati-Hati Bisa Menyerang Kapanpun!

Muka kamu jerawatan? Sudah mencoba beragam cara tapi belum sembuh juga? Selain karena faktor hormonal dan penggunaan skincare yang tidak cocok, jerawat juga bisa ditimbulkan dari makanan.

Apabila kamu nggak ingin memperparah jerawat atau permasalahan kulit tersebut menyerang wajahmu, sekarang kenali dulu deh 7 makanan penyebab jerawat.

  1. Makanan Berminyak/Gorengan

Siapa nih yang hobi makanan gorengan? Selain memiliki citra rasa yang lezat nan nikmat. Gorengan berpeluang besar menimbulkan jerawat pada kulit wajah. Hal ini dikarenakan, gorengan memiliki kadar minyak yang tinggi.

Minyak-minyak inilah yang berpotensi menyumbang peningkatan pertumbuhan sel-sel kulit. Apalagi, untuk kamu yang memiliki tipe kulit berminyak dan berjerawat. Sangat disarankan untuk tidak mengonsumsi gorengan dalam jumlah melebihi batas toleransi.

Mungkin, sesekali tidak masalah. Namun, kalau setiap pagi ini kategori menjerumuskan diri pada kedukaan yang lebih. Jika pola hidup yang buruk ini tidak segera diminimalisir, cita-cita ingin memiliki wajah yang bersih dari jerawat auto hanya menjadi khayalan tak terwujud.

  1. Makanan Cepat Saji

Hidup di zaman yang serba canggih dan cepat ini, sangat berpengaruh pada makanan yang dikonsumsi. Entah sadar atau tidak sadar, seringkali kita tidak kontrol dalam mengkonsumsi makanan penyebab jerawat.

Makanan cepat saji dapat mengubah kadar hormon, serta mempengaruhi ekspresi gen. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya percepatan perkembangan jerawat.

Selain itu, kandungan kalori, karbohidrat, dan lemak yang ada di dalam makanan cepat saji, jika dikonsumsi secara berlebihan turut menyumbang munculnya jerawat.

  1. Coklat dan Makanan Manis

Makanan yang memiliki rasa manis nan lezat ini, ternyata juga berpeluang besar menyumbang jerawat di kulit wajah. Karena kadar susu dan gula yang ada pada coklat dan
makanan manis lainnya terkategori tinggi.

Untuk meminimalisir resiko itu, jika kamu kepingin coklat pilihlah yang berwarna hitam. Karena ia memiliki kadar gula dan susu yang lebih rendah. Jika mengonsumsi yang manis-manis tapi tetap aman dari serangan jerawat.

  1. Makanan Pedas

Siapa yang hobinya mengkonsumsi makanan pedas? Mulai saat ini, hentikan guys! Selain bahaya untuk kesehatan lambung, makanan pedas juga mengancam kecantikan wajahmu.

Secara alamiah, ketika mengonsumsi makanan pedas, tubuh akan mengeluarkan keringat dan minyak secara berlebihan. Minyak-minyak inilah yang nantinya berpeluang untuk menyumbat pori-pori. Jika sudah tersumbat, lahirlah jerawat. Paham?

Selain faktor alamiah, makanan pedas mengandung asam likopen. Yang mana, kandungan ini berpotensi mengganggu PH kulit. Jika gaya hidup tidak sehat ini terus menerus dipelihara, dalam jangka waktu cepat jerawat akan mengintai wajahmu.

  1. Susu dan Produk Olahannya

Susu dan produk olahannya seperti keju, es cream, yoghurt, dan lain sebagainya, jika dikonsumsi secara berlebihan, ia bisa menjadi boomerang. Sekaligus bisa dikategorikan makanan penyebab jerawat.

Makanan yang terbuat dari susu, terutama susu sapi, diklaim dapat meningkatkan hormon insulin dan IGF-1. Zat-zat ini, dapat mengakibatkan munculnya jerawat.

  1. Makanan Tinggi Lemak Trans dan Omega 7

Makanan yang masuk dalam golongan tinggi lemak dan omega 7 yaitu mentega, mayones, minyak jagung, minyak kedelai, dan lain sebagainya.

Kenapa makanan tinggi lemak dan omega berpeluang mensupport munculnya jerawat? Terjadinya ketidak seimbangan asam lemaklah yang menjadi dampak pada peradangan kulit hingga lahirnya jerawat.

  1. Kafein

Kafein tidak kalah sigap sebagai makanan pendorong kemunculan jerawat. Makanan yang mengandung kafein seperti Kopi, menyebabkan peningkatan hormon Kortisol. Sederhananya, kortisol adalah hormon stress yang dilepaskan oleh tubuh ketika ia mengalami tekanan.

Hormon Kortisol inilah yang menyebabkan produksi minyak pada kulit wajah menjadi berlebih. Urutan selanjutnya, tidak lain, tidak bukan, jerawat-jerawat mulai muncul ke
permukaan wajah.

Nah, itulah 7 makanan penyebab jerawat yang tentunya sudah kamu tahu kan? Kini, sebaiknya mulai kamu kurangi konsumsinya atau bahkan dihindari ya!

Adapun kalau kamu sendiri sudah terlanjur jerawatan, selain mengurangi produk makanan di atas, kamu bisa mengatasi dengan rangkaian acne series dari B erl.

Gunakanlah B Erl Very Berry Acne Treatment Oil Control Series yang terdiri dari cleanser, facial toner, sunscreen dan night cream.

B Erl Very Berry Acne Treatment Oil Control Series

Adanya bahan aktif unggulan Very Berry Acne Care bisa melawan bakteri penyebab jerawat, mengontrol minyak berlebih pada kulit wajah secara optimal, meredakan peradangan pada kulit, serta memberikan proteksi pada kulit agar kulit terjaga dari paparan sinar matahari dan blue light.

Cocok banget kamu gunakan bagi kondisi kulit wajah yang sudah terlanjur berminyak dan berjerawat. Buruan deh jerawatnya diatasi daripada jadi makin parah!

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments

Ferrous material recycling air quality control on Hybrid Sunscreen Lokal, Apa Saja Sih Keunggulannya
Frank#smith[Kfyzeiuqujbpygze,2,5] on Hybrid Sunscreen Lokal, Apa Saja Sih Keunggulannya