HomeBody Care5 Penyebab Bau Kaki yang Jarang Kamu Tau, Hindari Hal Ini Deh!

5 Penyebab Bau Kaki yang Jarang Kamu Tau, Hindari Hal Ini Deh!

Kaki kamu sering bau dan mudah berkeringat? Selain, mengurangi kepercayaan diri. Bau kaki juga mengganggu indra penciuman siapapun yang ada disekitarmu lho!

Makanya, kamu jangan tinggal diam ya bila nggak mau dijauhi temen apalagi pacar. Sebeum mengetahui cara mengatasinya, yuk simak dulu deh apa aja sih penyebab bau kaki.

Apa Penyebab Bau Kaki?

Supaya penanganannya tepat nan akurat. Intip dulu penyebab bau kaki yang telah dirangkum pada artikel ini.

  1. Bakteri

Penyebab bau kaki seringkali diakibatkan oleh bakteri-bakteri yang bersarang di telapak kaki. Pemicu utama kemunculan bakteri dikarenakan kaki berkeringat. Kondisi kaki berkeringat ini nantinya akan memproduksi asam yang bau.

Selain memicu bau yang tidak sedap, bakteri juga bisa mengakibatkan kaki infeksi. Hal ini, biasanya dipicu oleh beberapa penyakit dan luka seperti kaki cantengen, kuku membusuk, dan lain sebagainya.

  1. Hormon

Sebagaimana yang telah disinggung di atas. Salah satu pemicu utamanya adalah keringat berlebih. Selain karena bakteri, keringat bisa dipicu oleh perubahan hormon. Biasanya, perubahan hormon ini terjadi pada ibu hamil dan remaja.

Jadi, kalau kamu sedang hamil ataupun menginjak usia remaja, tidak perlu kuwatir tentang problem ini. Supaya baunya terminimalisir, sering-seringlah untuk cuci kaki. Jika pakai sepatu, taburilah telapak kaki kamu dengan bedak bayi atau apapun itu yang bisa menyerap keringat.

  1. Penggunaan Alas Kaki yang Salah

Sepatu yang sempit dan tertutup membuat udara susah untuk masuk ke dalamnya. Akhirnya, kaki akan mengeluarkan keringat lebih banyak. Keringat-keringat inilah yang akhirnya menimbulkan bakteri dan bau pada kaki.

  1. Jamur

Penyebab munculnya jamur, bisa diakibatkan oleh beberapa faktor seperti kaki lembab, kaki yang sensitif ketika terkena percikan air kumuh, kaos kaki atau sepatu yang kotor, dan lain sebagainya.

  1. Stress

Selain berdampak pada ketenangan jiwa, stress juga sangat berpengaruh terhadap reaksi tubuh ataupun fisik. Ketika stress, tubuh akan lebih banyak mengeluarkan keringat. Terutama pada telapak kaki. Karena banyak kelenjar keringat yang bersarang di telapak kaki.

Cara Mengatasi Bau Kaki

Setelah menyimak setiap penjelasan mengenai bau kaki di atas, kini ada cara mengatasi yang perlu kamu ketahui ya!

  1. Gunakanlah sepatu yang sedikit longgar. Setidaknya, ada sedikit celah udara untuk
    masuk. Selain itu, gantilah sepatu dan kaos kaki setiap satu hari sekali.
  2. Taburkan bubuk kopi pada telapak kaki. Karena, bubuk kopi, selain bisa menetralisir bau. Ia juga bisa menyerap keringat.
  3. Kontrol stress.
  4. Jika bau kaki diakibatkan oleh jamur, maka olesi area kaki yang terkena jamur dengan selep anti jamur.
  5. Sering-seringlah untuk mencuci kaki.
  6. Usahakan telapak kaki selalu dalam kondisi kering.
  7. Gunakanlah kaos kaki yang memiliki tekstur menyerap keringat.

Guys, itulah 5 penyebab bau kaki dan cara mengatasinya dengan mudah. Kamu bisa meencoba menerapkannya sekarang ya!

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments

Ferrous material recycling air quality control on Hybrid Sunscreen Lokal, Apa Saja Sih Keunggulannya
Frank#smith[Kfyzeiuqujbpygze,2,5] on Hybrid Sunscreen Lokal, Apa Saja Sih Keunggulannya