HomeHome4 Penyebab Kulit Kusam yang Harus Segera Diatasi, Daripada Bikin Makin Parah

4 Penyebab Kulit Kusam yang Harus Segera Diatasi, Daripada Bikin Makin Parah

Ada begitu banyak permasalahan kulit wajah yang setiap orang mengalaminya berbeda-beda. Salah satunya yaitu kulit kusam.

Faktor penyebab kulit kusam begitu beragam tetapi yang pasti ini bisa diakibatkan dari gaya hidup kita yang tidak seimbang. Apa yang kita konsumsi dan berikan untuk tubuh sangat berpengaruh juga pada kulit wajah.

Jika kita memberikan makanan pada tubuh dan kulit yang salah, bukan tidak mungkin permasalahan seperti kulit kusam bisa terjadi kapan pun.

Apa itu Kulit Kusam?

Kulit kusam adalah suatu kondisi di mana wajah nampak tidak sehat dan kurang bercahaya. Ciri-ciri kulit kusam bisa terlihat dari warna wajah yang nampak lebih gelap dari biasanya.

Bila kamu menemui kulit wajah semakin kusam, cara pertama sebelum mengatasinya dengan mengetahui apa saja penyebabnya.

Penyebab Kulit Kusam

Sekarang, mari simak apa saja penyebab paling umum dari kulit yang tampak kusam. Sebagaimana dilansir dari Healthline, ada 6 penyebab kulit kusam dan cara mengatasinya yang wajib kamu ketahui.

  1. Dehidrasi

Apabila kamu tidak mengonsumsi cukup air, ini dapat mempengaruhi kulit. Minum air yang cukup dapat berpotensi memiliki kulit yang sehat.
Mengonsumsi banyak air akan meningkatkan hidrasi dari bawah permukaan kulit. Selain itu, penggunaan serum wajah dapat menghidrasi dan mengikat kelembaban di lapisan atas kulit.

  1. Kurangnya Pelembab

Bila kulit kamu cenderung kering dan kurang memakai pelembab, hal ini akan mempengaruhi kesehatan kulit.

Cara mengatasinya dengan gunakan pelembab dua kali sehari untuk membantu melembabkan kulit dan melindungi lapisan atas yang lembut.

  1. Kekeringan

Kulit kering bisa dengan cepat membuat kusam. Hal ini bisa terjadi selama bulan-bulan musim dingin atau hujan, di saat udara dingin dan kering.
Lantas, mengatasinya bisa dengan menggunakan serum dan pelembab untuk membuat kulit tambah lembab.

  1. Penggunaan tembakau

Jika kamu merokok atau berada di lingkungan seorang perokok, ini dapat berpengaruh pada kulit. Dikatakan pada ulasan 2010 yang ditulis Healthline, merokok merupakan salah satu faktor penuaan kulit dini.

Tinjauan lainnya terutama bisa merusak produksi kolagen dan menurunkan serat elastis pada jaringan ikat di kulit. Selain itu, tembakau yang ada pada rokok bisa meningkatkan stres oksidatif dalam sel-sel kulit.

Semua itu, mempercepat proses penuaan dan menyebabkan kulit kusam. Makanya, kamu bisa mulai menghindari berada di lingkungan perokok.

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab dan mengatasi kulit kusam. Kamu dapat menghindari penyebabnya untuk bisa pula mencegah kulit semakin kusam.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments

Ferrous material recycling air quality control on Hybrid Sunscreen Lokal, Apa Saja Sih Keunggulannya
Frank#smith[Kfyzeiuqujbpygze,2,5] on Hybrid Sunscreen Lokal, Apa Saja Sih Keunggulannya