HomeHomeApa itu Skin Barrier? Ini Dia Ciri-Cirinya yang Wajib Kamu Pahami!

Apa itu Skin Barrier? Ini Dia Ciri-Cirinya yang Wajib Kamu Pahami!

Skin barrier merupakan area yang sangat urgent untuk dirawat supaya kecantikan kulit tetap terjaga. Ketika skin barrier rusak, kulit akan rawan untuk mengalami infeksi, kering, kusam, dan masalah kulit lainnya.

Tentunya kamu nggak mau kan hal itu menyerang padamu?

Mungkin, beberapa diantara kamu terutama yang baru terjun dalam dunia kecantikan masih awam perihal nama ini. Skin barrier adalah lapisan kulit paling luar yang berfungsi untuk melindungi kulit dari radikal bebas dan serang-serangan lainnya yang menyebabkan kerusakan pada kulit.

Sederhananya, skin barrier menjadi satpam untuk melindungi kulit agar tetap terjaga kesehatan dan kecantikannya. Tak hanya menangkal radikal bebas, ia juga berfungsi untuk mempercepat proses peresapan nutrisi ke dalam kulit.

Ciri-Ciri Skin Barrier Rusak

Ciri-ciri skin barrier rusak sangat penting untuk kamu kenali. Dengan mengenali Ciri-Cirinya, kamu akan lebih mudah untuk menentukan solusi mana yang tepat sesuai dengan
kondisi tersebut.

  1. Kulit Kering dan Kusam

Ciri yang paling mudah untuk dikenali yaitu ketika kamu merasa tiba-tiba kulit menjadi kering dan kusam.

Hal ini terjadi karena menurunnya tingkat kelembaban di dalam kulit sehingga kulit menjadi dehidrasi, bersisik, dan kusam yang membuatnya tidak mampu melakukan perbaikan atau meregenerasi sel-sel kulit baru.

  1. Kulit Gatal

Kulit terasa gatal biasanya juga diakibatkan oleh kondisi skin barrier yang rusak. Hal ini terjadi, karena lapisan kulit mulai menipis. Sehingga, bakteri, virus, ataupun jamur mudah menyusup ke dalamnya.

Untuk mengatasi masalah ini, gunakanlah pelembab dan hindari penggunaan sabun yang memiliki banyak busa.

  1. Iritasi Kulit

Skin barrier rusak akan mengakibatkan lapisan dermis terekspos sehingga kulit lebih rentan untuk mengalami iritasi ketika terkena gesekan. Efek buruk berikutnya yaitu kulit akan menjadi lebih sensitif terkena skincare maupun make up yang mengandung bahan-bahan kimia.

  1. Kulit Kemerahan

Ciri-ciri skin barrier terakhir yaitu kulit menjadi kemerah-merahan. Hal ini, akan semakin parah ketika kulit terkena gesekan dari bahan-bahan yang memiliki tekstur kasar atau berscrub. Seperti facial foam yang mengandung scrub, exfoliating, dan lain sebagainya.

Untuk mengatasi masalah tersebut, sementara gunakanlah sabun yang memiliki tekstur lembut. Jika kondisi skin barrier mulai membaik, kamu bisa menggunakan facial foam yang berscrub.

  1. Hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi adalah sebuah kondisi yang mengakibatkan warna kulit menjadi tidak merata. Hal ini, biasanya ditandai dengan munculnya warna hitam, abu-abu atau coklat pada beberapa titik di wajah.

Walaupun tidak menimbulkan rasa sakit maupun nyeri, hiperpigmentasi sangat mengganggu penampilan lho guys!

  1. Kulit Mengelupas

Kulit kamu mengelupas? Masalah ini seringkali diakibatkan oleh skin barrier yang rusak. Jadi sel-sel kulit mati mulai melakukan proses pelepasan. Namun, tidak adanya dukungan asupan nutrisi yang cukup sehingga proses regenerasi sel kulit mengalami hambatan dan terjadi dengan tidak sempurna.

Itulah penjelasan mengenai skin barrier dan ciri-cirinya secara lengkap ya!

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments

Ferrous material recycling air quality control on Hybrid Sunscreen Lokal, Apa Saja Sih Keunggulannya
Frank#smith[Kfyzeiuqujbpygze,2,5] on Hybrid Sunscreen Lokal, Apa Saja Sih Keunggulannya