HomeBody CareKetahui Cara Menghilangkan Ketombe Agar Kepalamu Nggak Gatal, Cuma Pakai Bahan Ini...

Ketahui Cara Menghilangkan Ketombe Agar Kepalamu Nggak Gatal, Cuma Pakai Bahan Ini Aja!

Ketombe menjadi permasalahan yang cukup mengganggu di area sekitar kepala. Terlebih membuat kulit kepala kita menjadi gatal dan kotor.

Ketombe ini muncul di mana kondisi kulit kepala kita mengalami gatal dan munculnya serpihan kulit kecil-kecil. Hal ini sering terjadi dan nggak memandang dari segala jenis usia.

Sementara untuk faktor adanya ketombe bisa dipengaruhi dari cuaca, shampoo, dan penyakit tertentu. Makanya, penting bagi kamu untuk segera menghilangkan ketombe agar nggak terus-terusan mengganggu.

Cara Menghilangkan Ketombe

Agar ketombe kamu bisa hilang, cobalah untuk mengganti shampoo anti ketombe agar kulit kepala bisa mendapat nutrisi. Selain itu, cuci rambut kamu secara teratur atau rutin setiap 2 hari sekali agar ketombe bisa berkurang.

Bisa juga menggunakan masker rambut untuk melakukan perawatan kulit kepala dan batang rambut agar lebih maksimal. Sekarang juga, mulailah ubah pola hidup menjadi lebih sehat seperti mengonsumsi sayur dan memenuhi kebutuhan air minum harian.

Mengonsumsi makanan yang bergizi dapat membantu kesehatan rambut dan kulit kepala lho. Pola tidur sebaiknya dijaga dengan cukup 8 jam dalam sehari. Rajinlah untuk menyisir rambut agar sel-sel kulit mati menjadi hilang dan bersih.

Apabila cara-cara tersebut masih belum bisa mengatasi munculnya ketombe, kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami. Misalnya Aloe Vera atau populer dengan nama lidah buaya untuk membantu mengatasi permasalahan ketombe. Aloe Vera mempunyai kandungan sifat antibakteri dan antijamur.

Minyak kelapa juga bisa mengatasi ketombe, kamu bisa menggunakannya apabila kulit kepalamu kering. Minyak kelapa juga berfungsi untuk mengobati eksim dan mempunyai senyawa aktif yang bersifat antimikroba.

Ada juga Cuka Apel yang mempunyai kandungan efektif dalam menyeimbangkan PH pada kulit kepala dan membantu mengurangi pertumbuhan jamur.

Ada lagi lho, kamu bisa mencoba minyak Tea Tree yang bisa membantu kulit kepalamu untuk menghilangkan ketombe. Minyak ini mempunyai kandungan senyawa aktif yang bersifat antimikroba dan anti inflamasi.

Adapun demi perawatan rambut yang lebih maksimal, sebaiknya gunakan pula serum rambut
dalam mengatasi ketombe.

Penyebab Munculnya Ketombe

Kondisi kulit kepala setiap orang berbeda-beda dan bisa jadi penyebab terjadinya ketombe mempunyai banyak faktor. Seperti mempunyai penyakit Dermatitis Seboroik, jarang mencuci rambut, jamur Malassezia SP, kulit kering, dan Dermatitis Kontak.

Kulit kepala kering, berminyak bisa menimbulkan terjadinya ketombe, maka dari itu jagalah kulit kepalamu agar lebih sehat.

Cara Membuat Masker Jeruk Nipis Untuk Ketombe

Untuk mengatasi ketombe, kamu bisa menggunakan langkah-langkah di bawah ini pada saat di rumah. Bahannya pun sangat mudah didapatkan yaitu menggunakan jeruk nipis.

  1. Ambil 2 sendok makan perasan air jeruk nipis dengan ukuran yang sama untuk minyak zaitun atau minyak kemiri.
  2. Tambahkan sedikit air hangat dan aduk secara merata.
  3. Pijat kulit kepalamu dengan bahan-bahan tersebut dengan ujung jari.
  4. Biarkan meresap pada kulit kepala selama 30 menit.
  5. Bilas dengan air dingin.

Nah, itulah cara menagtasi ketombe yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments

Ferrous material recycling air quality control on Hybrid Sunscreen Lokal, Apa Saja Sih Keunggulannya
Frank#smith[Kfyzeiuqujbpygze,2,5] on Hybrid Sunscreen Lokal, Apa Saja Sih Keunggulannya