HomeHomeApa Ciri-Ciri Breakout? Permasalahan Kulit Wajah yang Sangat Mengganggu

Apa Ciri-Ciri Breakout? Permasalahan Kulit Wajah yang Sangat Mengganggu

Siapa sih yang gak tahu breakout? Kondisi dimana kulit mulai berjerawat dan iritasi ini ternyata bisa disebabkan banyak hal. Sebagai upaya untuk mencegahnya tentu kamu harus tahu apa saja ciri-ciri breakout.

Nah, sebelum membahas soal ciri-ciri breakout kamu harus terlebih dahulu paham mengenai definisi sekaligus penyebab breakout parah. Daripada makin penasaran, begini penjelasannya!

Apa itu Breakout?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya kalau breakout parah merupakan sebuah kondisi kulit wajah mulai berjerawat, kemerahan, dan iritasi. Banyak yang menyebutkan kalau ciri-ciri breakout pada wajah bisa terjadi karena produksi minyak berlebih dan hormon.

Namun, sebenarnya pernyataan itu tidak sepenuhnya benar karena ada begitu banyak faktor lain yang bisa memicu kemunculan breakout parah mulai dari kebiasaan hingga pola makan.

Kenapa Wajah bisa Breakout?

Sebenarnya kenapa sih wajah bisa breakout? Ternyata banyak lho penyebab yang bisa membuatnya terjadi, ini dia:

  1. Pola Makan

Penyebab breakout parah di wajah yang akan dibahas pertama adalah pola makan. Usahakan untuk tidak memilih makanan dengan kadar glikemik yang tinggi seperti keripik, sereal, kentang goreng, hingga minuman bersoda.

Kadar glikemik yang tinggi bisa menyebabkan kadar gula darah meningkat secara drastic kemudian memicu produksi minyak berlebih dan membuat jerawat muncul.

  1. Begadang dan Stress

Saat kondisi tubuh stress maka bisa memicu kortisol yang bisa memicu produksi minyak berlebih sehingga membuat kulit menjadi breakout parah.

Sama seperti stres, begadang juga menyebabkan hormon pemicu kortisol muncul dan membuat wajah menjadi breakout parah.

  1. Dehidrasi

Breakout parah juga bisa disebabkan tubuh yang tidak menerima asupan air yang cukup. Karena air membuat kondisi kulit kita tetap terhidrasi dengan baik sehingga mengurangi kemunculan jerawat.

  1. Kontaminasi

Ada pula penyebab lain dari breakout parah adalah kondisi kulit yang terkontaminasi dengan bakteri. Umumnya hal ini terjadi saat kamu menempelkan kulit wajah ke smartphone yang mengandung cukup banyak bakteri.

Apakah Breakout Bisa karena Skincare?

Selain di atas, ternyata ada penyebab lain breakout parah di wajah yaitu skincare. Mungkin para pengguna skincare seperti kamu ini sudah tahu kalau produk perawatan kulit ternyata bisa menyebabkan breakout parah.

Breakout parah muncul karena skincare biasanya disebabkan produk yang memiliki bahan dasar minyak. Kira-kira apa saja ciri-ciri breakout? Yuk, cek penjelasan di bawah ini!

  1. Area yang muncul jerawat

Biasanya breakout parah menyebabkan jerawat bisa muncul di area mana saja, bahkan di seluruh wajah.

  1. Durasi jerawat

Biasanya breakout parah karena skincare bisa dilihat ciri-cirinya dari durasi jerawat untuk sembuh sekitar satu bulan atau lebih.

  1. Bekas jerawat

Breakout parah yang disebabkan skincare bisa meninggalkan bekas jerawat berupa noda hitam dan cenderung sulit hilang.

Nah, itu dia ciri-ciri breakout yang semoga saja bisa kamu jadikan referensi mendatang. Jadi sekarang kamu gak perlu bingung lagi kan!

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments

Ferrous material recycling air quality control on Hybrid Sunscreen Lokal, Apa Saja Sih Keunggulannya
Frank#smith[Kfyzeiuqujbpygze,2,5] on Hybrid Sunscreen Lokal, Apa Saja Sih Keunggulannya