HomeHomeIni Dia Manfaat Menggunakan Sunscreen dan Ketahui Apa Aja Jenisnya

Ini Dia Manfaat Menggunakan Sunscreen dan Ketahui Apa Aja Jenisnya

Paparan UVA dan UVB karena sinar matahari bisa menimbulkan kerusakan kulit lho. Kamu tentunya nggak inginkan hal itu terjadi?

Terlebih bila kamu memiliki banyak aktivitas di luar ruangan, penting banget mengatasi atau mencegahnya dengan sunscreen.

Mengapa perlu pakai sunblock? Tentunya kulit badanmu akan lebih terjaga. Untuk
mengetahui lebih lanjut, simak yuk manfaat penggunaan sunscreen!

Manfaat Menggunakan Sunscreen

Tekstur sunscreen bervariasi, ada yang berbentuk cream, gel, lotion, dan spray. Upayakan kamu menggunakan sunscreen saat keluar agar kulitmu terhindar dari penuaan dan sensasi kulit terbakar atau sunburn. Selain itu, apabila kamu rajin menggunakan sunscreen kulitmu akan terhindar dari resiko kanker kulit.

Beberapa gejala kanker kulit terjadi seperti bersisik, muncul bercak, gatal dan nyeri, tumbuhnya tahi lalat, dan benjolan pada permukaan kulit. Jika kamu merasakan beberapa gejalanya, segera periksa ke rumah sakit terdekat.

Penggunaan sunscreen sendiri juga bermanfaat untuk meratakan warna kulit agar ngak terlihat berbeda warna. Kamu cukup menggunakan sunblock setiap 2 sampai 3 jam sekali agar bisa menurunkan resiko kulit terbakar.

Penggunaan sunscreen secara berulang cukup penting karena perlindungannya dapat mencegah kerusakan pada kulit.

Perbedaan Sunblock Wajah dan Badan

Sunblock pada wajah biasa disebut dengan sunscreen. Sunscreen bekerja pada kulit wajah untuk menyaring sinar ultraviolet, sehingga hanya sebagian sinar yang bisa masuk ke dalam kulit.

Kandungan bahan aktif yang dimilikinya seperti avobenzone, oxybenzone, octocrylene, octisalate, octinoxate, dan homosalate. Formula ini cukup mudah diaplikasikan pada kulit.

Cara kerja sunscreen wajah memang berbeda dengan sunblock badan. Sunscreen bekerja tergantung dengan reaksi kimia saat menyerap sinar UV yang kemudian mengubahnya menjadi panas.

Panas tersebut baru dilepaskan dari kulit. Apalagi sunscreen bisa bekerja saat ia sudah menyerap ke dalam kulit dengan baik.

Sedangkan sunblock badan dibuat untuk mencegah terjadinya kerusakan yang disebabkan oleh sinar UVB dan ultraviolet B serta kulit terbakar. Kandungan bahan sunblock juga cukup bagus seperti mineral yang berfungsi secara langsung untuk melindungi dari sinar UV.

Sunblock bisa kamu gunakan lebih tebal dibanding dengan sunscreen. Kamu bisa mengoleskan sunblock secara merata pada kulit badan yang terbuka dan tunggu agar menyerap dengan sempurna.

Namun, fungsi sunblock badan dan sunscreen wajah mempunyai cara kerja yang sama, perbedaannya hanya ada pada kandungan bahan dan cara penggunaan.

Nah untuk membeli sunscreen, pilihlah yang mengandung SPF 30 dan tahan terhadap air agar perlindungannya lebih maksimal. SPF 30 dapat mencegah 97% sinar UVB yang akan masuk ke dalam kulit kamu.

Sementara untuk SPF 50 mencegah sinar UVB sebesar 98% dan SPF 100 bisa mencegah sinar UVB sebesar 99%.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments

Ferrous material recycling air quality control on Hybrid Sunscreen Lokal, Apa Saja Sih Keunggulannya
Frank#smith[Kfyzeiuqujbpygze,2,5] on Hybrid Sunscreen Lokal, Apa Saja Sih Keunggulannya