HomeBeauty TipsApakah Kemiri Bisa Menumbuhkan Rambut? Ternyata Ampuh Atasi…

Apakah Kemiri Bisa Menumbuhkan Rambut? Ternyata Ampuh Atasi…

Kemiri yang seringkali digunakan sebagai bumbu untuk menambah cita rasa masakan ini ternyata, nenek moyang kita menggunakannya juga untuk merawat kulit dan rambut lho.

Tepatnya, penggunaan sebagai minyak kemiri ini memiliki kandungan vitamin A, vitamin E, vitamin C, vitamin D, asam lemak linoleat (omega -6) dan asam oleat (omega-9).

Jika kamu memiliki rambut kering, mudah rontok, bisa mencoba perawatan rambut dengan menggunakan minyak biji kemiri.

Manfaat Minyak Kemiri untuk Rambut.

Ada begitu banyak manfaat dari minyak kemiri yang perlu kamu tahu. Hal ini supaya kamu dapat menggunakannya dengan tepat. Di antaranya:

  1. Mempercepat Tumbuhnya Rambut.

Sebagaimana yang telah dijelaskan di atas. Minyak Kemiri memiliki beberapa kandungan yang baik untuk mempercepat pertumbuhan rambut.

  1. Mencegah Rambut Rontok

Selain mengandung vitamin E dan C, minyak kemiri juga mempunyai antioksidan yang dapat melindungi dari radikal bebas dan mencegah kerontokan.

  1. Mencegah Ketombe

Manfaat minyak kemiri untuk rambut berikutnya yaitu melindungi dari serangan ketombe. Karena minyak kemiri memiliki sifat antimikroba yang mampu mencegah pertumbuhan jamur penyebab ketombe.

  1. Membuat Rambut Tebal dan Kuat
  2. Vitamin E di dalam minyak kemiri berkhasiat untuk membantu memperlancar oksigen ke folike rambut. Sehingga sirkulasi darah di kulit kepala menjadi lancar. Dampak positifnya, rambut akan menjadi lebih sehat dan tebal.

Cara Membuat Minyak Kemiri

Apabila kamu ingin mengaplikasikan minyak kemiri pada rambut, kamu cukup membuatnya sendiri di rumah. Caranya pun sangat mudah, simak ya!

  1. Sangrai biji kemiri yang sudah terkelupas kulitnya.
  2. Lembutkan biji kemiri yang telah disangrai.
  3. Campur dengan sedikit air lalu peras hingga keluar minyaknya.

Cara Menggunakan Minyak Kemiri

Untuk memperoleh manfaat dari minyak kemiri kamu bisa menggunakannya sebagai perawatan rambut, di antaranya:

  1. Sebagai Kondisioner

Cara menggunakan minyak kemiri yang pertama adalah sebagai kondisioner. Untuk membuatnya sangatlah mudah. Kamu cukup mencampurkan minyak kemiri dengan santan. Oleskan dari ujung batang rambut, diamkan selama tiga menit lalu bilas hingga bersih.

  1. Minyak Rambut

Kamu bisa menggunakan minyak kemiri sebagai minyak rambut atau serum. Cukup oleskan minyak kemiri secukupnya pada rambut. Saat rambut dalam keadaan setengah kering.

Selain bermanfaat untuk menutrisi rambut, minyak kemiri juga berfungsi untuk melindungi rambut dari paparan sinar Matahari.

  1. Masker Rambut

Oleskan minyak Kemiri pada kulit kepala dan rambut. Pijat-pijat kepala secara lembut , lalu diamkan 30 menit agar nutrisi yang terkandung dalam minyak kemiri meresap.

Setelah itu, bilas hingga bersih menggunakan sampo. Demi hasil maksimal, gunakan masker minyak kemiri seminggu sekali.

Itulah manfaat minyak kemiri untuk rambut dan cara menggunakannya, ayo buruan bikin dan manfaatnya untuk kesehatan rambutmu!

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments

Ferrous material recycling air quality control on Hybrid Sunscreen Lokal, Apa Saja Sih Keunggulannya
Frank#smith[Kfyzeiuqujbpygze,2,5] on Hybrid Sunscreen Lokal, Apa Saja Sih Keunggulannya