HomeHomeRetinol dan Niacinamide, Bolehkah Kedua Kandungan Ini Dicampur pada Skincare?

Retinol dan Niacinamide, Bolehkah Kedua Kandungan Ini Dicampur pada Skincare?

Siapa yang tidak kenal dengan retinol dan niacinamide pada produk skincare sih? Ya, pilihan dua senyawa ini memang seringkali menjadi pilihan terbaik untuk mengatasi berbagai masalah wajah.

Masalahnya, apakah retinol boleh dicampur dengan niacinamide? Jika boleh, bagaimana caranya?

Cara Mencampur Retinol dan Niacinamide

Kedua senyawa aktif ini memang sangat baik dan menjadi pilihan untuk merawat wajah. Bahkan, keduanya seringkali dianggap mirip karena efeknya serupa. Padahal, ada perbedaan signifikan dalam manfaat retinol dan niacinamide loh!

Niacinamide adalah turunan dari Vitamin B3. Sedangkan Retinol adalah turunan dari Vitamin A. Keduanya sama-sama baik untuk masalah penuaan dini, mencerahkan wajah dan jerawat.

Namun bedanya, Niacinamide memiliki efek meningkatkan skin barrier wajah. Sehingga, lebih tahan terhadap masalah iritasi dan wajah kering akibat penggunaan dari retinol. Jawaban dari boleh atau tidaknya mencampurkan kedua senyawa ini, jawabannya adalah boleh!

Tidak sedikit bahkan produk skincare mencampurkan kedua bahan aktif ini secara bersamaan dalam satu produk. Ini membuktikan jika retinol dan niacinamide bisa dicampur secara bersamaan.

Namun, jika kamu menggunakan dua senyawa ini dari produk terpisah. Maka, disarankan menggunakan niacinamide lebih dahulu. Biarkan niacinamide meresap ke kulit beberapa waktu sebelum lanjut menggunakan retinol.

Dengan demikian, kamu bisa mendapatkan keuntungan dari kedua senyawa ini secara optimal.

Nah, demikianlah tata cara mencampurkan dan menggunakan retinol beserta niacinamide. Semoga bermanfaat ya!

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments

Ferrous material recycling air quality control on Hybrid Sunscreen Lokal, Apa Saja Sih Keunggulannya
Frank#smith[Kfyzeiuqujbpygze,2,5] on Hybrid Sunscreen Lokal, Apa Saja Sih Keunggulannya