HomeHomeAwas! Ini Bahaya Sinar Matahari bagi Kulit Wajah, bisa Sebabkan Penuaan Dini

Awas! Ini Bahaya Sinar Matahari bagi Kulit Wajah, bisa Sebabkan Penuaan Dini

Kulit wajah yang terpapar sinar matahari bisa mendapatkan banyak masalah kulit. Inilah mengapa produk tabir surya sangat perlu untuk digunakan. Sinar matahari sebenarnya sangat buruk untuk kesehatan kulit wajah.

Jika kamu tidak melakukan perlindungan terhadap sinar matahari. Maka bahaya sinar matahari untuk kulit wajah berikut bisa menjadi ancaman, loh!

Penting banget untuk kamu tahu beberapa bahaya yang bisa terjadi. Yuk, simak apa aja sih bahaya dan bagaimana cara mengatasinya di bawah ini.

Bahaya Sinar Matahari Untuk Wajah

Ancaman dari sinar matahari untuk kulit wajah bisa terjadi dan mangancam siapa saja, bahaya yang bisa terjadi seperti:

  1. Wajah Menjadi Terbakar

Terbakar di sini memang tidak benar-benar terbakar. Namun, sejatinya wajah akan terbakar jika langsung kontak dengan sinar matahari tanpa menggunakan perlindungan. Paparan ini memberikan efek buruk, yakni kulit akan terlihat kemerahan hingga gosong.

  1. Hiperpigmentasi

Perubahan warna kulit atau kulit belang juga merupakan masalah yang bisa terjadi. Ketika kamu berada di bawah sinar UV terlalu lama, maka dampak kemerahan atau gosong adalah hiperpigmentasi. Masalah kulit belang biasanya akan terjadi pada kawasan yang terbuka.

  1. Penuaan Dini

Keriput halus pada kulit wajah ternyata salah satunya pemicunya karena sinar UV ini loh. Jika wajah selalu terpapar di siang hari tanpa ada perlindungan, maka akan lebih mudah menua. Karena sinar UV B dan UV A ini membuat elastisitas dan kolagen kulit menjadi rusak.

  1. Kulit Menjadi Kusam

Tidak hanya kulit belang atau hiperpigmentasi dan mudah timbul kerutan halus saja. Ternyata, jika terlalu sering dan terlalu lama terpapar sinar ultraviolet, maka wajah akan terlihat kusam. Wajah yang kusam ini juga berhubungan dengan kerusakan sel-sel kolagen kulit.

  1. Kanker Kulit

Puncak bahaya dari paparan berlebihan sinar UV ini adalah masalah kanker kulit. Apabila hal ini terjadi, maka kulit akan rusak bahkan bisa rusak total. Dan tentu saja kondisi ini mengancam keselamatan jiwa.

Cara Mengatasi Masalah Kulit Wajah Akibat Paparan Sinar Matahari

Jika beberapa hal di atas terjadi, maka salah satu cara mengatasi bahkan pencegahannya dengan menggunakan tabir surya. Ada banyak sekali produk sunscreen yang memiliki kandungan SPF untuk memblokir sinar UV ke kulit wajah.

Jika sinar matahari sudah merusak kulit wajah dan terbakar, maka disarankan gel aloe vera untuk mengurangi efek “gosong”. Jangan lupa selalu lindungi wajah dengan produk tabir surya di pagi hingga sore hari, ya!

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments

Ferrous material recycling air quality control on Hybrid Sunscreen Lokal, Apa Saja Sih Keunggulannya
Frank#smith[Kfyzeiuqujbpygze,2,5] on Hybrid Sunscreen Lokal, Apa Saja Sih Keunggulannya