HomeBody CareManfaat Alpha Arbutin untuk Kulit, Kandungan Penting pada Skincare

Manfaat Alpha Arbutin untuk Kulit, Kandungan Penting pada Skincare

Apa itu Manfaat Alpha Arbutin? Mungkin, zat yang biasa digunakan sebagai bahan campuran pembuatan skincare ini masih asing bagi sebagian besar orang.

Alpha Arbutin adalah zat atau senyawa turunan dari Hydroquinone. Sebenarnya, secara alami Alpha Arbutin mudah ditemukan pada beberapa tanaman dan buah-buahan. Diantaranya, Cranberry, Blueberry, kulit Pir, Bearberry, dan Gandum.

Manfaat Alpha Arbutin

  1. Mencerahkan wajah

Alpha Arbutin dipercaya dapat mencerahkan kulit wajah. Zat yang ada di dalamnya diklamin bisa memperlambat produksi Tirosinase. Karena Tirosinase yang diproduksi sedikit, sehingga melanin yang dihasilkan pun sedikit.

Melanin adalah zat yang berperan dalam menentukan warna kulit. Semakin banyak melanin, maka warna kulit akan semakin gelap. Apalagi ketika terpapar sinar Matahari. Warna gelap pada kulit akan semakin meningkat. Selain itu, dampak buruk lainnya wajah menjadi kusam.

  1. Memudarkan Bekas Jerawat

Sebagaimana yang telah disinggung pada point pertama. Bahwa Alpha Arbutin adalah zat yang mampu mencegah terbentuknya melanin yang berlebih pada kulit. Sehingga kulit tampak cerah dan segar.

Untuk hasil maksimal, biasanya Alpha Arbutin dicampur dengan Niacinamide dan Kojic
Acid. Sehingga, bekas-bekas jerawat atau noda hitam yang ada di wajah bisa tersamarkan.

  1. Mengurangi Hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi biasanya terjadi karena kulit memproduksi melanin secara berlebihan. Berdasarkan penelitian Journal Of Investigative Dermatology, penggunaan Alpha Arbutin secara rutin selama 12 Minggu sudah menunjukkan hasil yang memuaskan.
Wajah nampak cerah, bersih, bersinar, dan sehat.

  1. Mengatasi Warna Kulit Tidak Rata

Skincare yang mengandung Alpha Arbutin sangat cocok untuk kamu yang memiliki masalah kulit tidak rata. Selain itu, kandungan di dalam Alpha Arbutin juga berkhasiat untuk mengatasi kulit kendur dan pucat.
Dengan pemakaian secara rutin, kulit akan berubah menjadi kencang, elastis, dan segar.

  1. Pengganti Hidroquinon

Walaupun ia turunan dari Hidroquinon tetapi, Alpha Arbutin memiliki tingkat keamanan yang lebih baik. Jika Hidroquinon bekerja dengan membunuh seluruh sel-sel produksi melanin, Alpha Arbutin hanya mencegah atau memperlambat produksi Melanin.

Walau bagaimanapun, melanin adalah zat yang penting untuk melindungi kulit kita dari serangan jahat ultra violet.

  1. Melindungi Kulit dari Radikal Bebas

Kandungan antioksidan di dalam Alpha Arbutin mampu melindungi kulit dari serangan radikal bebas. Selain itu, ia juga berfungsi sebagai anti aging atau mengatasi masalah penuaan dini pada kulit wajah.

  1. Mengangkat Sel Kulit Mati

Sel-sel kulit mati yang menumpuk pada permukaan wajah, jika dibiarkan akan membuat kulit kusam dan gelap. Makanya, perlu dilakukan eksfoliasi setiap satu minggu sekali.

Kandungan Alpha Arbutin jika ditambah dengan AHA dan BHA bisa bekerja lebih maksimal dalam melakukan pengelupasan sel kulit mati. Selain itu, ia juga bisa mempercepat regenerasi sel kulit.

Itulah 7 manfaat Alpha Arbutin yang sering digunakan sebagai bahan campuran dalam pembuatan skincare.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments

Ferrous material recycling air quality control on Hybrid Sunscreen Lokal, Apa Saja Sih Keunggulannya
Frank#smith[Kfyzeiuqujbpygze,2,5] on Hybrid Sunscreen Lokal, Apa Saja Sih Keunggulannya